Gerakan Desa

Oleh humas on February 15, 2018

Jakarta (15/02) --- Kepemilikan Master Plan pembangunan kawasan perdesaan kelak akan menjadi milik daerah. Demikian diungkapkan Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Kawasan Perdesaan Kemenko PMK.

Oleh humas on February 12, 2018

Jakarta (12/02) – Masih adanya ketidaktahuan pemerintah desa dan masyarakat terkait Perpres nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) serta berlakunya dana desa mendorong pemerintah akan menggencarkan sosialisasinya.

Oleh humas on February 10, 2018

Brebes (8-9/2) - Asisten Deputi Pemberdayaan Desa Kemenko PMK, Herbert, O Siagian, Didampingi oleh Walikota Brebes, Izda Priyanti, melakukan pemantauan pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Ada tiga desa yang ditinjau dalam pelaksanaan padat karya tunai desa tersebut, yakni Desa Wanasari dan Desa Glonggong, Kecamatan Wanasari, serta Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu.

Oleh humas on February 01, 2018

Jakarta (01/02)--Kebijakan Pemerintah dalam pembangunan desa tahun 2018 akan diarahkan untuk melaksanakan kegiatan padat karya di desa. Kegiatan Padat karya, merupakan kegiatan pembangunan yang diselenggarakan di desa, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja lokal desa, dan teknologi lokal.

Oleh humas on February 01, 2018

Jakarta (31/1) – Terdapat 10 KPPN terkait kabupaten Padat Karya di Indonesia diantara 100 Kabupaten yang difokuskan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Demikian yang terungkap dalam Rakor Sinkronisasi Pengisian Program dan Kegiatan Pada Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional 2018 di ruang rapat lantai 7 Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on January 30, 2018

Jakarta (11/07) – Dari 37 Desa yang menjadi pilot project, 3 desa diantaranya telah menjadi desa mandiri. Demikian terungkap dalam Rakor dan Sinkronisasi Integrasi Program Pada Desa PMK/ Pilot Tahun 2018 di Kemenko PMK.

Oleh humas on January 23, 2018

Jakarta (23/01) – Untuk memastikan kesiapan K/L dalam pelaksanaan PKTD Kemenko PMK menggelar Rakornis tentang Kesiapan Program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) dari Kementerian/Lembaga di Desa dan Rencana Rakor bersama 10 Kabupaten dan 100 Desa.

Oleh humas on January 17, 2018

Jakarta (17/01) --- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini pimpin Rapat Tingkat Menteri (RTM) terkait persiapan pelaksanaan program padat karya tunai  di Desa  (PKTD) / Cash For Work di Ruang Rapat Menko Lt.1, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on January 17, 2018

Jakarta (17/1) - Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Kawasan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan , I Nyoman Shuida, pagi ini membuka rapat koordinasi pengembangan kawasan dataran tinggi gayo di ruang rapat lantai 7 Kemenko PMK, Jakarta. Tujuan dari rapat ini adalah pengembangan kawasan dataran tinggi gayo  menuju pembangunan yang berkelanjutan dan mewujudkan faktor pengungkit ekonomi kawasan. 

 

Oleh humas on January 09, 2018

Jakarta (09/01) – Demi mengurangi kemiskinan, menurunkan angkan stunting, sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat desa, pemerintah meluncurkan program padat karya tunai. Program ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyakat desa khususnya bagi desa yang miskin dan margina yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga, dan teknologi lokal dengan tujuan dapat memberikan tambahan upah/pendapatan bagi masyarakat desa.

Oleh humas on January 05, 2018

Jakarta (05/01) --- Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, siang ini membuka dan memimpin rapat koordinasi teknis pembahasan dan penetapan pedoman umum pelaksanaan program padat karya tunai di desa 2018. Rakornis ini bertempat di ruang rapat lt.6, Kemenko PMK, Jakarta. Hadir dalam rakornis ini beberapa perwakilan K/L di antaranya Kemenkes, Kemendes, Kemenpupera, Kementan, BKKBN serta beberapa perwakilan lainnya.

Oleh humas on December 18, 2017

Jakarta (18/12) – Bertempat di Kantor Kemenko PMK, Menko PMK Puan Maharani menyaksikan penandatangan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait dengan  SKB Penyelarasan dan Penguatan Kebijakan UU Desa. Penandatanganan SKB dilakukan oleh Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo,  Menteri Keuangan Sri Mulyani,  Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro,  dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Oleh humas on December 18, 2017

Jakarta (18/12) --- Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Kawasan Perdesaan, Awal Subandar,  ini membuka dan memimpin Rakornis tentang penyediaan sarana dan prasarana pemukiman perdesaan.  Rapat ini bertempat di Lt. 6, Kantor Kemenko PMK, Jakarta dan dihadiri oleh perwakilan dari Kemendesa PDTT, Kemendagri,Kemenpupera, Bappenas dan beberapa perwakilan (K/L) lainnya.

Oleh humas on December 15, 2017

Jakarta (15/12) ---  Deputi Bidang Koordinasi  Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK, Nyoman Shuida memimpin Rapat pelaksanaan program padat karya desa  dan kampanye penurunan stunting,  siang ini di Ruang Rapat Menko Lt.1, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.  Rapat  ini merupakan Rapat lanjutan yang sebelumnya telah dilaksanakan minggu lalu oleh Menko PMK.

Oleh humas on December 14, 2017

Jakarta (14/12)--- Deputi bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, siang tadi membuka dan memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Eselon I untuk menindaklanjuti hasil Rapat Tingkat Menteri pada 8 Desember 2017 lalu tentang Program Padat Karya dan Rakor Eselon I tentang penyiapan regulasi Program Padat Karya pada 12 Desember 2017. “Rakor hari ini kami buat untuk memastikan Surat Keputusan Bersama empat menteri (SKB 4 Menteri) tentang Program Padat Karya atau Cash for Work itu sudah final.

Oleh humas on December 14, 2017

Jakarta(14/12)— Asisten Deputi  Pemberdayaan  Kawasan Perdesaan, Awal Subandar, hari ini memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) sebagai tindak lanjut rencana percepatan pembangunan Kab Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, di ruang rapat lt. 6 gedung Kemenko PMK, Jakarta. 

Oleh humas on December 12, 2017

Jakarta (12/12)-Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai (PPKT) untuk 100 Desa di 10 kabupaten diprioritaskan bagi daerah yang belum atau tidak melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018. Jadwal persiapan pelaksanaan padat karya tunai mulai dari penyusunan pedoman, sosialisasi, pelaksanaan dan monev  akan ditetapkan oleh Kemenko PMK. Penyusunan pedoman pelaksanaan padat karya tunai yang dikoordinasikan oleh Kemenko PMK akan diselesaikan paling lambat akhir Desember 2017.

Oleh humas on December 08, 2017

Jakarta (08/12) – Usai memimpin Rakor Tingkat Menteri (RTM) tentang persiapan pelaksanaan Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dan Bansos Beras Sejahtera (Rastra) Tahun 2018, sore ini, Menko PMK, Puan Maharani langsung menggelar RTM membahas pembangunan desa melalui program padat karya dana desa dan program kementerian. RTM ini bertempat diruang rapat Lt. 1, Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on December 04, 2017

Jakarta (04/12) --- Menindaklanjuti rakor-rakor sebelumnya yang terkait pelaksanaan program padat karya, Kemenko PMK hari ini menggelar Rakor pengumpulan data lokus desa padat karya tunai di Ruang Rapat Lt 6 Kemenko PMK Jakarta.

Oleh humas on November 23, 2017

Denpasar (23/11) – Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan yang diwakili oleh Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pemberdayaan Kawasan Perdesana, Kemenko PMK, Awal Subandar menyampaikan pidato sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Sarasehan Nasional Pengembangan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) yang diselenggarakan di Denpasar, Bali, Kamis malam (23/11).  Kegiatan sarasehan merupakan kerjasama antara Kemenko PMK, KPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Desa PDTT, dan Kementerian ATR.

Oleh humas on November 17, 2017

Jakarta (17/11) – Setelah minggu lalu Rakor Teknis Pelaksanaan Padat Karya Desa yang membahas persiapan regulasi pelaksanaan padat karya di desa, hari ini (Jumat), Kemenko PMK membahas penetapan lokasi desa dalam Rakor Penetapan Lokasi Desa Pelaksanaan Padat Karya Tunai di ruang rapat lantai 7 Kemenko PMK Jakarta. 

Oleh humas on November 10, 2017

Jakarta (10/11) – Dalam rangka mempersiapkan regulasi pelaksanaan padat karya di desa, Kemenko PMK hari ini (Jumat 10/11) menggelar rakor Teknis Pelaksanaan Padat Karya Desa di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK. 

Oleh humas on November 02, 2017

Jakarta (2/11) – Presiden Joko Widodo meminta ada alokasi 20 persen dari total dana desa yang wajib digunakan untuk program padat karya mulai 2018. Pemerintah melalui Kemenko PMK pun menajamkan rencana tersebut melalui RTM Optimalisasi Anggaran Pembangunan Desa untuk Padat Karya di Ruang Rapat lantai 1 Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 01, 2017

Jakarta: (01/11)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang ini melanjutkan agenda kerjanya dengan menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) tentang Percepatan Prevalensi Stunting sebagai tindak lanjut dari rapat serupa di Kantor Wakil Presiden pada Agustus 2017 lalu. Menko PMK dalam RTM ini berkesempatan mengikuti paparan perkembangan terkini Program penanganan stunting dari Kementerian/Lembaga yang hadir, mulai dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa dan PDT, Kementerian Pertanian, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam N

Oleh humas on October 30, 2017

Jakarta (30/10) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), bekerjasama dengan Friedrich Ebert Stiftung (FES) dan Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, hari ini mengadakan Seminar Nasional Mewujudkan Desa Unggul dan Berkelanjutan bertempat di Hotel Harris Vertu Jakarta. Seminar ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan Kemenko PMK sejak tahun 2016 bersama FES dan Universitas Katolik Parahyangan terkait penajaman format pembangunan yang berbasis pada keunggulan dan potensi lokal, inovasi dan keberlanjutannya.

Pages

Subscribe to RSS - Gerakan Desa