Oleh humas2 on March 10, 2017

Jakarta (10/03)--- Upaya sosialisasi dinilai sangat penting mengingat tekad Indonesia selaku Tuan Rumah Penyelenggara Asian Games 2018 yang menginginkan terjadinya tiga sukses yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses pemberdayaan ekonomi. Di samping itu, kurangnya respon media bagi pemberitaan tentang Asian Games ditengarai sebagai akibat dari kurangnya saluran informasi dari Pemerintah dan Panitia kepada media. Untukmembahas lebih lanjut pelibatan media massa sebelum, selama, dan sesudah gelaran pesta olahraga se-Asia ini,  Kemenko PMK menggelar rapat koordinasi yang membahas lebih lanjut tentang sosialisasi Asian Games XVIII Tahun 2018. Hadir dalam rakor Staf Khusus wakil Presiden Bidang Ekonomi dan Keuangan; Kepala Biro Humas Kementerian PUPR; Plt. Sekjen INASGOC; Direktur Promosi dan Sosialisasi INASGOC; dan Perwakilan Kementerian Kominfo, Kementerian Pariwisata, serta Humas Kemenko PMK.
 

Adapun mekanisme sosialisasi persiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII 2018  dibuat dengan cara-cara koordinatif agar informasi yang diterima media hingga nantinya sampai di masyarakat merupakan informasi yang tepat dan berasal dari sumber terpecaya serta berwenang sesuai dengan metode penyampaian yang benar, tepat waktu, begitu juga dengan pelaksanaannya. Materi sosialisasi ke media massa sejauh ini sudah disiapkan oleh INASGOC dan melibatkan pula dukungan Pemerintah terkait dengan media sosialisasi, seperti di gedung-gedung Pemerintah, kendaraan umum, kendaraan dinas, dan sebagainya. Bahkan, selaku Ketua Pengarah, Wapres Jusuf Kalla akan mendatangi berbagai lokasi strategis terkait penyelenggaraan Asian Games secara bergantian agar dapat menyentuh media dan masyarakat lebih luas lagi.  

 

Peserta rakor hari ini juga sepakat tentang perlunya rekanan kehumasan yang merupakan tenaga Humas Profesional untuk membantu menyampaikan program, kegiatan dan segala sesuatu yang menyangkut Asian Games 2018. Di level kementerian dan lembaga negara, Kepala Biro HIP (Hukum, Informasi, dan Persidangan) Kemenko PMK disepakati akan mengkoordinasikan para Kepala Biro yang membidangi kehumasan dari semua K/L pendukung Asian Games 2018 untuk penyiapan substansi pemberitaan dan sebagainya. Para wartawan juga nantinya akan dijadwalkan secara rutin menggelar pertemuan untuk keperluan sosialisasi Asian Games 2018 ini.

Sosialiasasi besar-besaran ini sebelumnya dilontarkan oleh Menko PMK, Puan Maharani, usai menyampaikan laporan terkini perkembangan persiapan Asian Agmes 2018 di kantor Wapres, Rabu lalu.  "Mulai bulan depan juga kami akan mulai sosialisasi yang lebih besar lagi agar Asian Games makin terdengar gaungnya. Maka, kami minta keterlibatan media massa untuk membantu menyosialisasikan karena masih belum banyak masyarakat kita yang tahu event besar ini.” Demikian urai Menko PMK kepada para wartawan.