Budaya

Oleh humas on October 14, 2019

Jakarta (14/10) -- Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Kebudayaan  Kemenko PMK, I Nyoman Shuida membuka Lokakarya Peningkatan Peran Pelaku Seni dalam Pemajuan Kebudayaan di Jakarta. Hadir dalam lokarya tersebut antara lain Kementerian/Lembaga terkait, Perguruan Tinggi, Komunitas Pelaku Seni, dan Pemerintah Daerah. 

Oleh humas on September 27, 2019

Meksiko City (26/9) – Menko PMK Puan Maharani meresmikan patung Soekarno di Mexico City pada kamis waktu setempat. Keberadaan patung ini diharapkan menjadi simbol sekaligus pengingat warga kedua negara bahwa Indonesia dan Meksiko memiliki jejak sejarah yang kuat dan hubungan yang erat di segala bidang.

Oleh humas on September 21, 2019

Banjarbaru (21/09) - Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKN RM) yang diselenggarakan dari tanggal 19 hingga 21 September 2019 resmi ditutup.  Acara penutupan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan ; Sahbirin Noor. Turut hadir beberapa pejabat, di antaranya Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida. 

Oleh humas on August 30, 2019

Jakarta (29/8) – Bersama Kementerian/ Lembaga terkait, Kemenko PMK, kamis siang menggelar rapat finalisasi penyusunan RIPK di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK. 

Rapat finalisasi penyusunan RIPK yang dipimpin oleh Asisten Deputi Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari tersebut bertujuan membahas hasil Penyusunan RIPK K/L, menyepakati hasil Penyusunan RIPK K/L serta menetapkan mekanisme Perbaikan Final RIPK K/L. Dalam rapat finalisasi ini, setiap K/L/BUMN dipersilahkan untuk mengkoreksi draf akhir RIPK yang telah dibagikan.

Oleh humas on August 28, 2019

Jakarta (28/08) - Dalam rangka persiapan peresmian patung Soekarno di Mexico pada bulan September 2019, Kemenko PMK pagi ini menggelar rakor lanjutan rencana peresmian patung soekarno di Mexico di ruang rapat lantai 3 Kemenko PMK, Jakarta. Rakor di pimpin oleh Deputi Koordinasi Bidang Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, dan didampingi oleh Asisten Deputi warisan budaya Kemenko PMK, Pamudji Lestari. 

Oleh humas on August 28, 2019

Jakarta (27/08)--- “Ajang apresiasi seniman berkebutuhan khusus seperti Pameran Outsider Artpreneur perlu diadakan setiap tahunnya agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kondisi orang-orang berkebutuhan khusus dan mencoba untuk merubah cara pandang masyarakat ke arah yang lebih baik.

Oleh humas on August 27, 2019

Jakarta (27/8) – Kemenko PMK bekerjasama dengan AMIDA Jawa Barat akan menyusun buku museum di Provinsi Jawa Barat. Buku ini kelak diluncurkan bertepatan dengan perayaan Hari Nasional Museum yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. 

Oleh humas on August 22, 2019

Jakarta (22/8) ---Menko PMK Puan Maharani, turut hadir dampingi Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla, dalam pembukaan Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) ke empat yang bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta. 

Oleh humas on August 20, 2019

Jakarta (20/9) -- Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mencanangkan gerakan “Kemenko PMK Berkebaya” sejak Selasa, 6 Agustus 2019. Dengan demikian seluruh karyawan perempuan ke kantor dengan mengenakan kebaya, khususnya setiap hari Selasa.

“Kami terinspirasi oleh gerakan Selasa Berkebaya yang digagas oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia. Sebagai busana warisan leluhur yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi, kita memang patut melestarikannya bersama-sama,” kata Seskemenko PMK YB Satya Sananugraha.

Oleh humas on August 14, 2019

Jakarta (14/8) – Pasca ditetapkannya Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) sebagai warisan dunia UNESCO pada saat Sidang Komite Warisan Dunia ke-43 di Kota Baku, Azerbaojan, Sabtu (6/7) lalu, pemerintah terus melakukan koordinasi bersama sejumlah kementerian/lembaga (k/l) terkait.

Salah satunya ialah melalui Rapat Koordinasi Teknis Pengelolaan WTBOS yang dipimpin oleh Asisten Deputi Warisan Budaya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Pamuji Lestari. Rapat berlangsung di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta, Rabu (14/8).

Oleh humas on August 05, 2019

Jakarta (05/08)--- Kemenko PMK kembali menggelar Rapat Koordinasi Lanjutan terkait persiapan pendirian Pusat Kebudayaan Islam Indonesia(PUSKIINDO) di Jakarta, akhir Juli 2019 lalu. Rakor dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Warisan Budaya, Kemenko PMK, Pamuji Lestari. Rapat dihadiri oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN, serta Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Bantul, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai Penginisiasi pendirian PUSKIINDO.

Oleh humas on July 29, 2019

Jakarta (29/7) – Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Penetapan tersebut diumumkan pada saat Sidang World Heritage Committee (WHC) atau Komite Warisan Dunia ke-43 di Kota Baku, Azerbaijan, Sabtu (6/7), pukul 12.20 waktu setempat.

Oleh humas on July 25, 2019

Bogor (25/7) -- Warisan Budaya Takbenda Dunia mempunyai potensi yang besar  untuk dimanfaatkan demi kehidupan umat manusia dan kesejahteraan masyarakat. Sayangnya fungsi Koordinasi dan Sinkronisasi terkait hal itu masih dirasa kurang.

Oleh humas on July 25, 2019

Bogor (24/07)---Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat evaluasi pelaksanaan Gladian Sejarah Pemuda Indonesia (GSPI) Tahun 2019. Rapat dipimpin langsung oleh Asisten Deputi (Asdep) bidang Warisan Budaya, Pamuji Lestari.

GSPI tahun 2019 merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan. GSPI ini sangat diapresisasi oleh Menko PMK. "Secara umum bu Menko sangat mengapresiasi kegiatan ini yang baru pertama kali dilakukan di Indonesia,” tutur Pamuji dalam pengantarnya.

Oleh humas on July 14, 2019

Sumba Timur (11/7) –Optimalisasi Upaya Pelayanan Pendidikan Marapu di Sumba untuk Indonesia yang Inklusif menjadi tema dalam Kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental  yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) di Kabupaten Sumba Timur, Kamis (11/7).  Dalam sambutan yang disampaikan Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Mustikorini Indrijatiningrum mewakili Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK  menekankan pada upaya pemerintah untuk memastikan tidak ada satupun kelompok di dalam masyarakat yang ter

Oleh humas on July 13, 2019

Selandia Baru (13/7) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mewakili pemerintah Indonesia hadir pada acara The 1st Pacific Exposition and Pacific Cultural Forum di Auckland, Selandia Baru, Sabtu (13/7).

Ia menyatakan bahwa Indonesia adalah bagian dari negara pasifik. Dari 34 provinsi terdapat lima provinsi di Indonesia yang menghadap ke pasifik yakni Papua, Papua Barat, maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Oleh humas on July 11, 2019

Jakarta (11/07) – Dalam mewujudkan Kabupaten Nagekeo yang sejahtera, nyaman dan bermartabat melalui pembangunan sektor pertanian dan pariwisata, pagi ini, Staf Ahli Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif dan Ketenagakerjaan Kemenko PMK, Aris Dharmansyah, didampingi oleh Asisten Deputi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Masyarakat, Femmy Eka Kartika Putri, mengadakan rakor lintas K/L terkait dalam rangka mendukung festival literasi Nagekeo 2019, di ruang rapat lantai 7 Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on July 04, 2019

Purwokerto (4/7) Kementerian Koordinator Bidang Pembangungan Manusia dan Kebudayaan berupaya mendorong Peningkatan Kunjungan Museum, terutama bagi generasi milenial. “Di Indonesia sendiri dari jumlah 265 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 63,82 juta (24.15%) menurut data Susenas BPS 2018 merupakan generasi milenial. Oleh karena itu, memanfaatkan generasi milenial sebagai target pasar adalah suatu hal menarik yang perlu kita coba dalam meningkatkan angka kunjungan museum.

Oleh humas on July 02, 2019

Jakarta (2/7) – Gugus Tugas Kemenko PMK Bersih kembali menyelenggarakan kegiatan bertajuk Gerakan Kemenko PMK Bersih Tahun 2019. Agenda rutin tahunan itu salah satunya bertujuan untuk menumbuhkan budaya bersih para pegawai, khususnya di lingkungan kerja eselon II Kemenko PMK.

Oleh humas on July 02, 2019

Jakarta (2/7) – Kemenko PMK bersama Kementerian/Lembaga (K/L) terkait kembali membahas draft policy paper pengembangan panas bumi pada kawasan Tropical Rainforest Heritage of Sumatera (TRHS) dalam sebuah rakor di Dewan Energi Nasional (DEN), Jakarta. Kali ini rakor mendengarkan paparan dari Direktorat Panas Bumi Kementerian ESDM. 

Oleh humas on July 01, 2019

Bengkulu (27/6) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental yang ditujukan untuk anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Bengkulu, Kamis (28/6).

Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK Sonny Harry B. Harmadi dalam sambutannya menekankan bahwa Gerakan Nasional Revolusi Mental membutuhkan keteladanan dan kepemimpinan. Kepemimpinan pemerintah yang ditunjukan dengan membangun pelayanan publik yang semakin baik.

Oleh humas on June 25, 2019

Banjarbaru (24/06) - Setelah sukses di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Yogyakarta, Gathering Positif Bermedia Sosialyang digagas oleh Kemenko PMK bekerja sama dengan beberapa Kementerian/Lembaga bersama para penggiat Media Sosial (netizen, blogger, youtuber, dll) digelar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
 

Oleh humas on June 25, 2019

Jakarta(20/6) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melalui Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan terus mendorong Penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Indonesia. Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan Rapat Koordinasi Pembahasan Konsep Keputusan Presiden tentang Hari Museum Indonesia yang akan menjadi dasar ditetapkannya Hari Museum Indonesia. “Perlu disepakati nomenklatur yang tetap terhadap Hari Nasional Museum tersebut.

Oleh humas on June 25, 2019

Jakarta (14/6) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melalui Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan terus mematangkan persiapan Pasific Cultural Forum yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru. Dalam pematangan persiapan tersebut, Kemenko PMK berkoordinasi dengan Kemendikbud dan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru melalui video conference yang diadakan di Ruang Rapat Gedung E Kemendikbud.

Oleh humas on June 25, 2019

Jakarta (24/06) - Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2019. Rakor yang diselenggarakan di ruang rapat utama Lt.7 dihadiri juga oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid.

"Rapat pagi kali ini dalam rangka untuk meminta dukungan, partisipasi dan suporting dari Kementerian/Lembaga, terkait dengan rencana akan diselenggarakannya Pekan Kebudayaan Nasional tahun 2019", kata Shuida mengawali arahannya.

Pages

Subscribe to RSS - Budaya