Budaya

Oleh humas on October 19, 2018

Jakarta (19/10)--- Museum sesungguhnya telah menjadi salah satu wadah yang memiliki peranan penting dalam memperkenalkan keunikan dan keberagaman warisan budaya bagi masyarakat dan bangsa. Museum juga menyimpan sejarah masyarakat dan bangsa, serta jejak masa lalu, untuk menghadirkan memori kolektif. Oleh karena itu, peran museum sangat strategis dalam mendefinisikan identitas dan kemajuan suatu bangsa. Salah satu cara untuk memberikan pemahaman kepada pengunjung akan identitas dan kemajuan itu adalah melalui rekonstruksi memori kolektif.

Oleh humas on October 19, 2018

Jakarta (19/10)--- Dalam waktu tidak lama lagi, Indonesia akan menggelar hajat besar kebudayaan. Selain memperingati satu abad lahirnya Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI), Indonesia akan terus memamerkan kekayaan dan keragaman budayanya. Bahkan rencananya, berbagai hasil kesepakatan dalam kongres akan diupayakan menjadi salah satu program prioritas pembangunan nasional periode mendatang yang semuanya terangkum dalam Program Pemajuan Kebudayaan.

Oleh humas on October 18, 2018

Jakarta (18/10)--- Menginjak 3,5 tahun pelaksanaan GNRM di Indonesia sesungguhnya telah banyak perubahan terjadi antara lain semakin baiknya pelayanan publik, tingkat disiplin ASN dan masyarakat, kemandirian bangsa, kebersihan lingkungan, serta semakin kokohnya NKRI di tengah terpaan berbagai ideologi dunia. Secara konkrit, keberhasilan Indonesia menjadi Tuan Rumah di ajang Asian Games dan Asian Para Games 2018 dengan torehan prestasi membanggakan itu adalah bukti nyata keberhasilan GNRM di Indonesia.

Oleh humas on October 18, 2018

Jakarta (18/10)--- Sejak resmi dibuka pada tanggal 15 September 2018 di Kab Aceh Tengah, NAD, lalu kemudian akan ditutup di Kab Gayo Lues pada tanggal 24 November 2018, pelaksanaan  Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) diketahui sejauh ini berjalan dengan sukses. Aneka atraksi budaya dan seni asli Gayo – Alas yang terdiri atas empat kabupaten yaitu Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Leus, dan Bener Meriah ini mampu menyedot perhatian masyarakat bahkan cenderung siap mendunia.

Oleh humas on October 15, 2018

Jakarta (14/10)--- Keberadaan museum sesungguhnya amat diperlukan untuk menyimpan bukti-bukti peradaban suatu bangsa. Museum memiliki fungsi sebagai pengumpulan, dokumentasi dan penelitian ilmiah, konservasi dan preservasi, penyebaran dan pemerataan ilmu untuk umum, pengenalan dan penghayatan kesenian, pengenalan kebudayaan dan lain sebagainya. Di era globalisasi saat ini, tugas-tugas museum semakin terasa berat karena seolah-olah perannya dapat digantikan dengan media digital yang menyediakan informasi tanpa batas.

Oleh humas on October 11, 2018

Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKNRM) merupakan hajatan nasional yang diupayakan untuk menunjukkan ke masyarakat aksi nyata pemerintah dalam mengimplementasikan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Di tahun 2018, acara inti PKNRM akan diselenggarakan 26-28 Oktober, di kota Manado dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebagai panitia penyelenggaranya. 

Oleh humas on October 10, 2018

Jakarta ( 10/10 ) --- Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, pagi ini membuka rakor pengelolaan museum untuk generasi milenial yang mengambil tema “ Mewujudkan Generasi Milenial Cinta Museum”. Rakor yang bertempat di Redtop Hotel, Jakarta ini dibuka dengan tarian Bajidor Kahot yang merupakan tarian yang berasal dari Jawa Barat.

Oleh humas on September 24, 2018

Sejumlah pemuda lintas iman dari berbagai wilayah di Poso, Sulawesi Tengah turut serta dalam kegiatan Kemah Kampung Damai Lokakarya Penggerak Perdamaian yang diinisiasikan oleh Paritas Institute bekerjasama dengan Sekretariat Revolusi Mental Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Selama empat hari yaitu pada 19-22 September 2018, pemuda yang terdiri dari pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas hingga mahasiswa terpilih ini bertemu, tinggal dalam perkemahan, dan berbagi kisah ihwal hidup dalam perbedaan.

Oleh humas on September 13, 2018

Takengon (13/9) -- Asisten Deputi (Asdep) Bidang Pemberdayaan Kawasan Strategis dan Khusus Kemenko PMK, Widjanarko Setiawan mewakili Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Kemenko PMK memberikan arahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pengisian Indikasi Program pada Masterplan RTRW Aceh. Rakor dilaksanakan di aula Kabupaten Aceh Tengah, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Kamis pagi (13/9). Rakor di buka oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Oleh humas on September 10, 2018

Sebagai rangkaian dari Lokakarya Penggerak Perdamaian yang diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) bekerja sama dengan Paritas Institut, pada hari Minggu (9/9) kurang lebih sebanyak 10 pemuda lintas iman terjun langsung membangun dialog keberagaman Indonesia Bersatu melalui kunjungan ke berbagai tempat ibadah di Purwokerto. Malam sebelumnya, pemuda lintas iman ini telah menginap bersama masyarakat Hindu di Pura Pedaleman Giri Kendeng, Jawa Tengah.

Oleh humas on September 10, 2018

Kehadiran Festival Payung Indonesia 2018 dengan ribuan payung penuh warna dan lukisan, turut membuat pesona candi Borobudur semakin cantik. Selama 3 hari pada 7-9 September 2018, berbagai kreasi berbahan payung telah memanjakan pengunjung untuk betah berlama-lama. Bertemakan ‘Sepayung Indonesia, Lalitavistara’, Festival Payung Indonesia dipamerkan dengan ragam kreasi penuh makna, sebagaimana kisah dalam relief Borobudur yang menunjukkan payung sebagai simbol tahapan kehidupan manusia dan perekat keberagaman.

Oleh humas on September 08, 2018

Pada hari Jumat (7/9), bertempat di Griya Gusdurian Purwokerto, Lokakarya Penggerak Perdamaian secara resmi dibuka. Lokakarya ini merupakan inisiatif Paritas Institut bekerja sama dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang menyasar pemuda lintas iman di daerah-daerah. 

Oleh humas on September 04, 2018

Solo, Jateng (04/09)--- Sejarah telah memperlihatkan bagaimana kekayaan budaya Indonesia dengan segala isinya menunjukan adanya kesamaan karakter, seperti karakter gotong royong, persatuan dan tolong menolong di antara sesama bangsanya. Seiring berjalannya kehidupan berbangsa, masyarakat yang menghormati dan selalu menjunjung tinggi sejarah dan warisan budayanya akan  melahirkan generasi masa depan bangsa yang memiliki karakter itu.

Oleh humas on September 04, 2018

Bandung (3/9) – Perubahan perilaku buang sampah di sungai merupakan sebuah elemen penting yang dapat berkontribusi signifikan terhadap upaya revitalisasi Sungai Citarum. Perubahan perilaku ini terlihat sederhana, namun jika dilakukan oleh seluruh warga di sekitar DAS Citarum, dampaknya akan sangat positif. 

Oleh humas on August 28, 2018

Jayapura (28/08)-- Pemerintah sangat memberikan perhatian yang luar biasa pada sektor kebudayaan. Wujud perhatian itu tertuang dalam nawa cita dan Tri sakti yakni pembangunan dilaksanakan dengan berkepribadian dalam kebudayaan.

Hal ini diungkapkan Asisten Deputi Warisan Budaya, Kementerian Koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan (Kemenko PMK), Pamudji Lestari dalam acara Rakor Pelestarian dan Pengelolaan Noken sebagai Warisan Takbenda Dunia dan Taman Nasional Lorenz sebagai Warisan Alam Dunia yang dilaksanakan di hotel Grand Abe, Jayapura.

Oleh humas on August 13, 2018

Maraknya penggalangan dana dengan kotak kardus bertuliskan “Untuk Korban Bencana” di jalan-jalan raya mendapatkan perhatian serius dari Kemenko PMK. Tanpa mengurangi penghargaan pada para relawan pengumpul dana itu, Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) perlu mewanti-wati agar kegiatan filantropis perlu diperhatikan akuntabilitas dan transparansinya. “Tindakan mereka sangat positif, peka, solid dan cepat tanggap membantu korban bencana.

Oleh humas on August 08, 2018

Jakarta (08/08) --  Kebudayaan bukan sektor sampingan bukan juga sektor yang asal dikerjakan tapi kebudayaan merupakan sektor yang sangat strategis bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, I Nyoman Shuida saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemajuan kebudayaan tahap ke-3 yang diselenggarakan di ruang rapat utama Lt. 7 Kemenko PMK, Jakarta. Rakornas diikuti oleh Kemendikbud, Kemendagri, Kemen PPN/Bappenas, para Gubernur, Bupati dan Walikota yang diundang.

Oleh humas on August 03, 2018

Jakarta (03/07) --- Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida, yang diwakili oleh  Staf Ahli Kemenko PMK Bidang Sustainable Develepment  Goal’s  ( SDGs), Ghafur Dharmaputra, pagi ini membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemajuan Kebudayaan. Rakornas ini bertempat dilantai 7, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on August 03, 2018

Jakarta (03/8) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membuka secara resmi pameran seni koleksi Istana Kepresidenan RI di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Dalam pameran tersebut sejumlah lukisan dan beberapa patung yang biasa menghuni Istana Kepresidenan ditampilkan.

Dalam sambutannya, Menko PMK mengatakan, pemeran tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyambut Asian Games 2018. Ia berharap Galeri Nasional bisa menjadi tempat wisata bagi warga negara asing yang datang saat perhelatan Asian Games.

Oleh humas on July 31, 2018

Jakarta (31/07)--- Bangsa Indonesia yang kaya akan budaya, saat ini, sesungguhnya berada dalam situasi bahwa kecintaan dan pemahaman kita akan kebudayaan Indonesia semakin hilang arah. Dampaknya pun dapat terlihat jelas dengan semakin lunturnya nilai-nilai karakter bangsa seiring memudarnya nilai-nilai budaya bangsa di tengah kehidupan kita sehari-hari.

Oleh humas on July 29, 2018

Tokyo (29/7) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menghadiri rangkaian acara Festival Indonesia di Hibiya Park, Tokyo. Festival Indonesia ini diselenggarakan untuk memperingati dan memeriahkan perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang.

Oleh humas on July 21, 2018

Bogor (20/07) – Pemerintah melalui Kemenko PMK tengah mempertimbangkan keberlanjutan Indeks Kesejahteraan Rakyat (IKraR). Keberlanjutan IKraR akan disesuaikan dengan perubahan nomenklatur dari Kemenko Kesra menjadi Kemenko PMK. Karena itu pula diusulkan nama baru IKraR serta usulan indikator barunya. 

Oleh humas on May 14, 2018

Jakarta (14/05) -- Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari memimpin rapat koordinasi (rakor) terkait dengan tindaklanjut Tim Reactif Monitoring Mission (RMM) International Union for Conservation Nature (IUCN) UNESCO di TRHS dan Persiapan Sidang Ke-42 World Heritage Center (WHC). Rapat dilaksanakan di ruang rapat Lt. 3 Kemenko PMK, Jakarta. Rakor dihadir dari berbagai instansi serta K/L terkait.

Oleh humas on May 09, 2018

Banda Aceh (08/05)--- Secara keseluruhan, isu kebudayaan memang masih belum menjadi salah satu bahasan penting di level kebijakan pemerintah. Padahal, sebagai simbol kekayaan suatu bangsa dan negara, negara yang kaya akan kebudayaan seperti Indonesia nyatanya masih harus berjuang keras mengelola, merawat, dan melestarikan kebudayaannya. Sebagai produk kebudayaan, keberadaan museum di tanah air juga masih belum jadi magnet penarik minat apalagi rasa bangga masyarakat.

Oleh humas on April 19, 2018

Jakarta (19/04)-- Upaya gotong-royong menjaga keluhuran budaya sebagai identitas bangsa sangat penting. Untuk itu, upaya menjaga dan melestarikan budaya Bangsa perlu terus dilakukan.

Pages

Subscribe to RSS - Budaya