Budaya

Oleh humas on December 07, 2017

Jakarta (07/12) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali melaksanakan fungsi koordinasi, singkronisasi dan pengendalian (KSP) kegiatan Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS) yang kali ini dipusatkan di Balai Warga, Kelurahan P. Panggang, Kabupaten Administartif Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (7/12). Kegiatan GBBS merupakan kerja bareng dengan Kemenko Maritim, Kemenko Perekonomian, Kemendikbud, Kemenpar, Kemen LH, Bank Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif, Pemkab Kepulau Seribu, dan kelompok masyarakat lainnya.

Oleh humas on November 27, 2017

Jakarta (27/11) – Menko PMK Puan Maharani mendampingi Wakil Perdana Menteri RRT Liu Yandong beraudiensi dengan Wapres Jusuf Kalla di Istana Wapres Jakarta. Sejumlah agenda High Level Meeting People to People Exchange Mechanism  (HLM-PEM) yang akan digelar di Surakarta tanggal 28-29 November 2017.

Oleh humas on November 25, 2017

Jakarta (25/11),  Bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Y.B Satya Sananugraha mendampingi agenda pertama kunjungan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Liu Yandon, beserta beberapa menteri dari Republik Rakyat Tiongkok dalam pertunjukan kesenian budaya antara Indonesia dan China.

Oleh humas on November 23, 2017

Jakarta (23/11)--- Malam ini, Menko PMK, Puan Maharani, berkesempatan membuka Konser Musik dalam rangka Peringatan 70 Tahun karier bermusik Legenda dan Pendiri Panbers Band, mendiang Benny Panjaitan, di Gedung Graha Bakti Budaya, Tim, Jakarta Pusat. “Dalam kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak para seniman musik untuk tidak meninggalkan anak-anak kita. Kita tentu sudah lama tidak mendengar lagu anak-anak yang melegenda seperti bintang kecil, pelangi-pelangi, kebunku, dan lain sebagainya. Mari ciptakan musik dan lagu untuk an

Oleh humas on November 23, 2017

Jakarta (23/11) --- Asisten Deputi Warisan Budaya pada Kedeputian bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK, Pamuji Lestari, pagi ini membuka dan memimpin rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan festival seni Europalia Indonesia (FEI) 2017-2018. Rapat ini bertempat diruang rapat lantai 3, Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 16, 2017

Cirebon (16/11) --- Bertempat di Ballroom Hotel Prima Cirebon, Jawa Barat. Siang ini Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida yang diwakili Asisten Deputi (Asdep) Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka Setiawan, memimpin rapat koordinasi (rakor) pembangunan karakter dan peneguhan jati diri masyarakat berbasis budaya. Rakor diawali dengan suguhan tarian Topeng dari sanggar Adi Ningrum Cirebon. 

Oleh humas on November 16, 2017

Belitung (16/11) -- Staf Ahli Menko PMK Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial dan Jati Diri Bangsa, Haswan Yunaz,  memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Multipihak Pengelolaan dan pelestarian Warisan Budaya di Kabupaten Belitung, Propinsi Bangka Belitung, Kamis (16/11). Rakor diikuti oleh instansi kementerian/lembaga terkait, SKPD dilingkup Propinsi Bangka Belitung, dunia pendidikan dan komunitas masyarakat.

Oleh humas on November 13, 2017

Bukit Tinggi (13/11) --- Asisten Deputi (Asdep) Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka Setiawan, mewakili Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan, Nyoman Shuida, senin pagi membuka dan memimpin rapat koordinasi pembangunan karakter dan peneguhan jati diri masyarakat berbasis budaya yang diselenggarakan di Bukittinggi, (Sumbar), rakor ini bertempat di Hotel Grand Rocky, Bukittinggi, Sumatera Barat.

Oleh humas on November 11, 2017

Banyuwangi, Jatim (11/11)--- Menko PMK, Puan Maharani, siang tadi membuka pesta budaya tahunan ‘Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)’ di komplek Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. Adapun thema Banyuwangi Ethno Carnival 2017 ini adalah “Majestic Ijen” yang akan mempertontonkan keagungan Gunung Ijen yang sangat dibanggakan Masyarakat Banyuwangi. Explorasi Gunung Ijen akan disuguhkan melalui  peragaan kostum bertema penambang belerang, blue fire, dan kawah Ijen.

Oleh humas on November 10, 2017

Jakarta (10/11) -- Asisten Deputi Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari, sore ini membuka rapat koordinasi (rakor) terkait penyebarluasan Buku 366 Cerita Rakyat Nusantara di Ruang rapat lt. 6 Kemenko PMK, Jakarta. Tujuan rakor pada hari ini adalah untuk mendapatkan pemahaman dan kesamaan persepsi tentang manfaat dan kegunaan dari buku 366 Cerita Rakyat Nusantara dalam pembangunan manusia dan Kebudayaan.

Oleh humas on November 10, 2017

Jakarta (10/11)--- Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Seskemenko PMK), Y.B Satya Sananugraha, siang hari ini memimpin rapat internal di lingkup Kemenko PMK guna mematangkan persiapan pelaksanaan High Level Meeting People to People Exchange Mechanism (HLM PEM) RI-RRT Ke-3 tahun 2017. Adapun agenda rapat hari ini adalah untuk membahas pending matters, pembagian tugas Internal di lingkup Kemenko PMK, serta daftar kebutuhan dan personel yang diperlukan dalam pelaksanaan HLM PEM ke-3 nanti.

Oleh humas on November 06, 2017

Jakarta (06/11) – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Seskemenko PMK), Y.B Satya Sananugraha, pagi ini membuka rapat koordinasi(rakor) Pleno  dalam rangka persiapan  pelaksanaan High Level Meeting People to People Exchange Mechanism (HLM PEM) RI-RRT Ke-3 tahun 2017.“Pelaksanaan High Level Meeting People to People Exchange Mechanism tahun 2017 yang semakin dekat, tentunya pertemuan kali ini harus semakin mematangkan persiapan.

Oleh humas on November 03, 2017

Jakarta (03/11)--- Gerakan 1000 merupakan suatu inisiasi mengandung semangat meningkatkan daya dorong akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Seribu, Jakarta. Gerakan 1000 adalah forum sinergitas program kerja kementerian/lembaga negara yang peduli terhadap pengembangan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata berbasis masyarakat. Gerakan ini berkeinginan pula meningkatkan daya dukung industri kreatif di Kepulauan Seribu melalui kreatifitas pembuatan film oleh anak muda.

Oleh humas on November 02, 2017

Jakarta (02/11)--- Sebagai wadah ilmu pengetahuan sekaligus sebagai warisan peradaban suatu bangsa di masa lalu, peran museum tentu mengambil peran tersendiri. Seiring berlalunya zaman, museum juga diminta tetap eksis sesuai dengan situasi kekinian seperti saat sekarang. Sebagai lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan dalam melayani masyarakat, terbuka untuk umum, memperoleh, mengawetkan, mengkomunikasikan, memamerkan barang-barang pembuktian manusia untuk tujuan pendidikan, pengkajian dan hiburan, ratusan museum telah lama di miliki Indonesia.

Oleh humas on November 02, 2017

Medan (02/11) – Asisten Deputi (Asdep) Bidang Warisan Budaya, Kemenko PMK, Pamuji Lestari mewakili Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK memberikan arahan dan membuka rapat koordinasi (Rakor) Multipihak Pengelolaan Museum di Propinsi Sumatera Utara (Sumut)  yang diselenggarakan di Medan, Sumut, Kamis pagi. Menurut Pamuji, museum merupakan tempat yang sangat bernilai dalam perjalanan hidup sebuah bangsa dan menyimpan karya luhur nenek moyang yang mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman budaya serta menjadi ajang pembelajaran bagi generasi penerus bangsa.

Oleh humas on October 30, 2017

Jakarta(30/10)—Saat ini jamu bukan hanya menjadi minuman tradisional, tetapi jamu juga sebagai salah satu bentuk warisan budaya tak benda. Untuk meningkatkan pertumbuhan jamu sebagai sektor industri dan juga mendorong jamu indonesia menjadi warisan dunia, hari ini Kemenko PMK melalui keasdepan Warisan Budaya, menggelar rapat koordinasi nasional pelestarian dan pengelolaan jamu sebagai warisan budaya, di Swisbell Hotel, Mangga Besar, Jakarta.

Oleh humas on October 26, 2017

Jakarta (26/10) --- Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK, Agus Sartono, membuka rapat koordinasi teknis (Rakornis) persiapan high level people to people exchange mechanism (HLM PEM) antara RI dengan RRT ke-3 tahun 2017 yang didampingi oleh Staff Ahli Bidang Sustainable Development Goals Pasca 2015 Ghafur Akbar Dharma Putra dan Asisten Deputi (Asdep) Pendidikan Tinggi dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kemenko PMK, Asril Umar, Rakornis ini bertempat di  Grand Mercure Hotel, Jakarta. 

Oleh humas on October 25, 2017

Merauke, Papua (25/10)--- Setelah awal Oktober lalu resmi dimulai di Tapanuli Utara, Sumut, Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS) hari ini kembali digelar di Kab Merauke, Papua. Kegiatan ini merupakan hasil inisiasi dari kerja koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian Kemenko PMK bersama Kemenko Maritim, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke serta Dinas Lingkungan Hidup Kab Merauke.

Oleh humas2 on October 17, 2017

Jakarta (16/10) – Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, didampingi Staf Ahli Bidang Sustainable Development Goals Pasca 2015, Ghafur Akbar Dharmaputra, memimpin pertemuan dengan perwakilan Kedutaan Besar RRT untuk mempersiapkan rangkaian  High Level Meeting People-to-People Exchange Mechanism (HLM-PEM) III RI dan RRT.

Oleh humas2 on October 13, 2017

Bogor (13/10)--- Pelestarian mengandung makna pelindungan, pengembangan dan pemanfaatan sedangkan pengelolaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pengendalian. Oleh karena menyangkut dimensi yang sangat luas, maka Warisan Budaya perlu menjadi perhatian semua pihak baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemangku kebudayaan serta masyarakat luas. Demikian pengantar Plh.

Oleh humas2 on October 11, 2017

Brussel (10/10)--- Ajang Festival Europalia 2017 yang berlangsung selam empat bulan penuh mulai Oktober 2017 hingga Januari 2018 mendatang resmi dibuka di Kota Brussel, Belgia. Hadir dalam upacara pembukaan ini Raja Phillipe dan Ratu Mathilde yang mewakili Belgia, sementara pemerintah Indonesia diwakili oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani; Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy; dan sejumlah pejabat lainnya.

Oleh humas2 on October 11, 2017

Jakarta (11/10) – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Seskemenko PMK), Y.B Satya Sananugraha, pagi ini membuka rapat koordinasi teknis (rakornis) tingkat eselon I dalam rangka persiapan pelaksanaan High Level Meeting People to People Exchange Mechanism(HLM PEM) tahun 2017.  “Pelaksanaan High Level Meeting People to People Exchange Mechanism tahun 2017 yang semakin dekat ini tentu harus semakin dimatangkan lagi persiapannya.

Oleh humas2 on October 05, 2017

Muara, Tapanuli Utara (04/10)--- Kab Tapanuli Utara, Sumatera Utara, resmi menjadi kabupaten pertama dan penanda secara resmi dimulainya program Gerakan Budaya Bersih dan Senyum (GBBS) di tahun 2017 ini. Program yang merupakan “turunan” dari semangat dan nilai Gerakan Nasional Revolusi Mental ini adalah hasil kerja sama lintas sektoral antara Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dengan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidupa, dan sebagainya.

Oleh humas2 on September 27, 2017

Padang, Sumbar (27/09) – Kunjungan ke Ranah Minang adalah untuk mempererat persaudaraan dan manjalang Induak Bako, demikian penegasan Menko PMK, Puan Maharani, saat menyambangi rumah gadang Datuak Kayo di Batipuh. Sebelum memasuki rumah gadang, Menko PMK dipasangkan selendang songket atau sulaman selanjutnya diundang mencicipi makan bajamba oleh Datuak Kayo dan keluarganya.

Pages

Subscribe to RSS - Budaya