Budaya

Oleh humas on November 26, 2019

Bogor (25/11) -- Kemenko PMK secara konsisten dan sistematis mengawal Penyusunan Pedoman Umum  Warisan Budaya Takbenda (WBTB) melalui Rapat Koordinasi Finalisasi Penyusunan Pedoman Umum Koordinasi dan Sinkronisasi Kebijakan Pengelolaan Warisan Budaya Takbenda yang dipimpin oleh Asisten Deputi Warisan Budaya Kemenko PMK.

Oleh humas on November 21, 2019

Jakarta (21/11) -- Kemenko PMK berupaya mengoordinasikan dan mensinkronisasikan Kementerian maupun Lembaga dalam pendirian Pusat Kebudayaan Islam Indonesia (Puskiindo) di Yogyakarta. Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen Kemenko PMK dalam mengintegrasikan antara sisi religius dan humanis yang menjadi karakter bangsa Indonesia. 

Oleh humas on November 21, 2019

Tangerang Selatan (19/11) -- Kemenko PMK secara konsisten dan sistematis terus mengawal proses pendirian dan rencana peresmian Patung Hj. Fatmawati Soekarno di Bengkulu melalui Rapat Koordinasi Perkembangan Pendirian dan Rencana Peresmian Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Soekarno Penjahit Bendera Sang Saka Merah Putih di Bengkulu. 

Oleh humas on November 20, 2019

Jakarta (20/11)  Kemenko PMK mengajak Pemerintah Daerah untuk menggunakan dan melestarikan kebaya sebagai warisan budaya. Ajakan ini disampaikan melalui Focus Group Discussion (FGD) Komitmen Pemerintah Daerah dalam Pelestarian Kebaya sebagai Warisan Budaya di Ruang Rapat Lantai 10, Kemenko PMK. 

Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam melestarikan dan mengembangkan kebaya sebagai busana nasional yang menjunjung tinggi nilai maupun karakter perempuan Indonesia yang luhur.

Oleh humas on November 18, 2019

Jakarta (18/11) Kemenko PMK mendorong upaya pelestarian Kebaya sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia melalui Focus Group Discussion (FGD) Kebaya sebagai Warisan Budaya di Ruang Rapat Lantai 11, Kemenko PMK. Upaya ini dilakukan sebagai wujud perencanaan pengelolaan secara terkoordinasi, terintegrasi, sinergi, dan berkelanjutan antara Pemerintah dengan Pemangku Kepentingan lainnya.

Oleh humas on November 13, 2019

Sawahlunto (11/11) Kemenko PMK terus berupaya melakukan penguatan koordinasi pengelolaan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) dengan Pemerintah Kota Sawahlunto, Pemerintah Daerah Sumatra Barat, dan Kementerian/Lembaga terkait melalui Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Sawahlunto. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengintegrasikan program dan kegiatan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah sesuaidengan 17 rekomendasi dari International Council on Monuments and Sites (ICOMOS).

Oleh humas on November 08, 2019

Malang (8/11) -- Kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ke Malang, Jawa Timur, diikuti oleh lebih dari 30 jurnalis media cetak dan elektronik, lokal hingga nasional. Seluruh pejabat eselon 1, mulai Sekretaris Menko PMK (Sesmenko PMK), jajaran para deputi, dan juga staf ahli turut menjamu sekaligus membuka forum dialog bersama para awak media.

Oleh humas on November 06, 2019

Surakarta (25/10) -- "Saya akan tetap mengawal Pemajuan Kebudayaan Nasional kita," demikian ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan pada Peringatan Hari Wayang Dunia Ke-V dan Hari Wayang Nasional Tahun 2019 di Pendhapa Ageng Mr. GPH. Djojo Kusumo, Institut Seni Indonesia (ISI), Surakarta, Selasa malam (5/11). 

Oleh humas on October 31, 2019

Jakarta (31/10)--- Menko PMK, Muhadjir Effendy pada Kamis pagi melakukan konsolidasi terhadap kementerian dan lembaga negara yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK. Konsolidasi yang bertujuan untuk percepatan pencapaian visi dan misi presiden serta target dan sasaran indikator pembangunan manusia dan kebudayaan dalam RPJMN 2020 – 2024 ini berlangsung di Aula Heritage Kemenko PMK, Jakarta dan dihadiri oleh para menteri dan pimpinan dari K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK, jajaran sesmen dan sestama, jajaran eselon I, dan para awak media.

Oleh humas on October 29, 2019

Jakarta (28/10) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) diwakili Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Nyoman Shuida menghadiri Konser Sumpah Pemuda "Kita Pancasila" yang diselenggarakan di Auditorium TVRI, Jakarta, Senin (28/10) malam.

Oleh humas on October 21, 2019

Jakarta (10/10) -- Kemenko PMK menghadiri peluncuran Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta dalam rangkaian acara Pekan Kebudayaan Nasional tahun 2019. IPK ini merupakan buah koordinasi Kemenko PMK.

Oleh humas on October 18, 2019

Bandung (18/10) – Kemenko PMK bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Daerah Bengkulu, dan pemangku kepentingan lainnya meninjau proses pembuatan patung Hj. Fatmawati Soekarno pada 30 September lalu.  Patung yang kelak akan menjadi ikon kota Bengkulu tersebut telah selesai 100% pembuatannya. 

Oleh humas on October 17, 2019

Jakarta (12/10)  -- Kemenko PMK tak bosan mengajak masyarakat untuk mengunjungi dan melestarikan museum. Pada Puncak Peringatan Hari Museum Indonesia tahun 2019 di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, ajakan itu bergema. 

Oleh humas on October 17, 2019

Denpasar (11/10) -- Kemenko PMK berupaya mendorong pelestarian dan pengelolaan Warisan Dunia Subak-Bali Landscape. Hal tersebut ditegaskan Asisten Deputi Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari dalam  Focus Group Discussion (FGD) dalam Rangka Penyusunan Raperpres Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional (RTR KSN) Subak-Bali Landscape di Hotel Aston Kuta Bali.

Oleh humas on October 14, 2019

Jakarta (14/10) -- Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Kebudayaan  Kemenko PMK, I Nyoman Shuida membuka Lokakarya Peningkatan Peran Pelaku Seni dalam Pemajuan Kebudayaan di Jakarta. Hadir dalam lokarya tersebut antara lain Kementerian/Lembaga terkait, Perguruan Tinggi, Komunitas Pelaku Seni, dan Pemerintah Daerah. 

Oleh humas on September 27, 2019

Meksiko City (26/9) – Menko PMK Puan Maharani meresmikan patung Soekarno di Mexico City pada kamis waktu setempat. Keberadaan patung ini diharapkan menjadi simbol sekaligus pengingat warga kedua negara bahwa Indonesia dan Meksiko memiliki jejak sejarah yang kuat dan hubungan yang erat di segala bidang.

Oleh humas on September 21, 2019

Banjarbaru (21/09) - Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKN RM) yang diselenggarakan dari tanggal 19 hingga 21 September 2019 resmi ditutup.  Acara penutupan dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan ; Sahbirin Noor. Turut hadir beberapa pejabat, di antaranya Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida. 

Oleh humas on August 30, 2019

Jakarta (29/8) – Bersama Kementerian/ Lembaga terkait, Kemenko PMK, kamis siang menggelar rapat finalisasi penyusunan RIPK di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK. 

Rapat finalisasi penyusunan RIPK yang dipimpin oleh Asisten Deputi Warisan Budaya Kemenko PMK, Pamuji Lestari tersebut bertujuan membahas hasil Penyusunan RIPK K/L, menyepakati hasil Penyusunan RIPK K/L serta menetapkan mekanisme Perbaikan Final RIPK K/L. Dalam rapat finalisasi ini, setiap K/L/BUMN dipersilahkan untuk mengkoreksi draf akhir RIPK yang telah dibagikan.

Oleh humas on August 28, 2019

Jakarta (28/08) - Dalam rangka persiapan peresmian patung Soekarno di Mexico pada bulan September 2019, Kemenko PMK pagi ini menggelar rakor lanjutan rencana peresmian patung soekarno di Mexico di ruang rapat lantai 3 Kemenko PMK, Jakarta. Rakor di pimpin oleh Deputi Koordinasi Bidang Kebudayaan Kemenko PMK, Nyoman Shuida, dan didampingi oleh Asisten Deputi warisan budaya Kemenko PMK, Pamudji Lestari. 

Oleh humas on August 28, 2019

Jakarta (27/08)--- “Ajang apresiasi seniman berkebutuhan khusus seperti Pameran Outsider Artpreneur perlu diadakan setiap tahunnya agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kondisi orang-orang berkebutuhan khusus dan mencoba untuk merubah cara pandang masyarakat ke arah yang lebih baik.

Oleh humas on August 27, 2019

Jakarta (27/8) – Kemenko PMK bekerjasama dengan AMIDA Jawa Barat akan menyusun buku museum di Provinsi Jawa Barat. Buku ini kelak diluncurkan bertepatan dengan perayaan Hari Nasional Museum yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. 

Oleh humas on August 22, 2019

Jakarta (22/8) ---Menko PMK Puan Maharani, turut hadir dampingi Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Mufidah Jusuf Kalla, dalam pembukaan Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) ke empat yang bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta. 

Oleh humas on August 20, 2019

Jakarta (20/9) -- Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mencanangkan gerakan “Kemenko PMK Berkebaya” sejak Selasa, 6 Agustus 2019. Dengan demikian seluruh karyawan perempuan ke kantor dengan mengenakan kebaya, khususnya setiap hari Selasa.

“Kami terinspirasi oleh gerakan Selasa Berkebaya yang digagas oleh Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia. Sebagai busana warisan leluhur yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi, kita memang patut melestarikannya bersama-sama,” kata Seskemenko PMK YB Satya Sananugraha.

Oleh humas on August 14, 2019

Jakarta (14/8) – Pasca ditetapkannya Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) sebagai warisan dunia UNESCO pada saat Sidang Komite Warisan Dunia ke-43 di Kota Baku, Azerbaojan, Sabtu (6/7) lalu, pemerintah terus melakukan koordinasi bersama sejumlah kementerian/lembaga (k/l) terkait.

Salah satunya ialah melalui Rapat Koordinasi Teknis Pengelolaan WTBOS yang dipimpin oleh Asisten Deputi Warisan Budaya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Pamuji Lestari. Rapat berlangsung di Hotel Grand Mercure, Harmoni, Jakarta, Rabu (14/8).

Oleh humas on August 05, 2019

Jakarta (05/08)--- Kemenko PMK kembali menggelar Rapat Koordinasi Lanjutan terkait persiapan pendirian Pusat Kebudayaan Islam Indonesia(PUSKIINDO) di Jakarta, akhir Juli 2019 lalu. Rakor dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Warisan Budaya, Kemenko PMK, Pamuji Lestari. Rapat dihadiri oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian PUPR, dan Kementerian BUMN, serta Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Bantul, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai Penginisiasi pendirian PUSKIINDO.

Pages

Subscribe to RSS - Budaya