Bencana dan Kerawanan Sosial

Oleh humas on November 29, 2017

Jakarta (29/11) ---Untuk meminimalisir dampak psikologis masyarakat yang terpapar erupsi Gunung Agung, pemerintah akan melaksanakan berbagai program/ kegiatan yang meringankan beban ekonomi dan sosial. K/L harus lebih fokus menggiatkan programnya di Kabupaten/ kota yang ada di Bali.

Oleh humas on November 23, 2017

Jakarta (23/11)- Setiap kementerian dan lembaga harus terus mengikuti perkembangan yang yang terjadi terhadap kondisi para pengungsi korban Kelompok Kekerasan Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Timika Papua. Sehingga setiap program yang dijalankan tetap dapat terpdu dan teritegrasi dengan baik. Setiap K/L dipersilakan memberikan bantuan kepada para korban namun tetap terkoordinasi.

Oleh humas on November 21, 2017

Jakarta(21/11)-- Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergi Pengembangan Desa Tangguh Bencana di Ruang Rapat Lantai.3 Gd. Kemenko PMK. Desa tangguh bencana (Destana) adalah Desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak – dampak bencana yang merugikan.

Oleh humas on November 17, 2017

Jakarta (17/11) - Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Masmun Yan Manggesa, pagi ini memimpin rapat koordinasi (rakor) Teknis siaga darurat banjir dan tanah longsor di ruang Taskin Kemenko PMK, Jakarta. Tujuan dari rakor ini adalah untuk membahas kesiapan dari masing-masing K/L dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di beberapa daerah di indonesia.

Oleh humas on November 16, 2017

Jakarta (16/11) --- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Masmun Yan Mangesa, siang ini membuka dan memimpin rapat koordinasi terkait rancangan peraturan Presiden (ranperpres) tentang sistem nasional peringatan dini multi ancaman bencana. Rakor ini bertempat di ruang rapat Lt. 3 Gd. Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on November 09, 2017

Bogor (09/11) – Asisten Deputi (Asdep) Bidang Koordinasi Konflik Sosial, Kemenko PMK, Ponco Respati Nugroho, membuka sekaligus memberikan arahan dalam kegiatan Workshop Perencanaan Program Konflik Sosial Berbasis Data. Workshop dilaksanakan di Hotel Salak Heritage pada tanggal 9-10 Nopember 2017. 

“Tujuan dilaksanakannya workshop ini adalah untuk memahami kebijakan dan perencanaan penanganan konflik sosial, mengindentifikasi kebutuhan data pembangunan keserasian sosial (PKS), dan merumuskan sumber data PKS,” terang Ponco.

Oleh humas on November 02, 2017

Kamis (02/11) – “Terorisme adalah musuh kita bersama," ujar Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK,  Masmun Yan Manggesa. Menindaklanjuti hasil rapat Sinergitas AntarKementerian/Lembaga (K/L) dalam Program Penanggulangan Terorisme, hari ini Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengundang K/L di bawah koordinasi Kemenko PMK untuk Koordinasi, Sinkronisasi, dan Pengedalian (KSP) yang membahas upaya penanggulangan terorisme ini.

Oleh humas2 on September 28, 2017

Jakarta (28/09) - Terhitung mulai 22 September 2017, status aktivitas gunung Agung di Provinsi Bali naik menjadi awas. Karenanya diperlukan kesiapsiagaan segenap pihak untuk antisipasi erupsinya. Sementara, di ujung Sumatera, pemerintah juga harus mempersiapkan relokasi tahap ketiga untuk pengungsi gunung Sinabung.

Kedua hal tersebut menjadi pokok bahasan dalam Rakor Tingkat Menteri (RTM) Dampak Bencana Erupsi Gunung Agung dan Percepatan Penanganan Pengungsi Akibat Gunung Sinabung hari ini (Kamis 28/09) di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK Jakarta.

Oleh humas2 on September 28, 2017

Luwuk, Sulteng (27/09)-- Melemahnya wawasan kebangsaan dan karakter bangsa menjadi faktor utama munculnya berbagai masalah bangsa saat ini. Semakin melemahnya wawasan kebangsaan (Wasbang) dan karakter bangsa (Karbang) yang terjadi disebabkan karena mulai menjauhnya masyarakat dengan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu sangat penting membumikan kembali Wasbang dan Karbang melalui gerakan Revolusi Mental (Revmen).

Oleh humas2 on September 21, 2017

Merauke (19/09)--- Deputi bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Manggesa, memberikan acara pembekalan kepada peserta ekspedisi NKRI koridor Papua bagian Selatan dan tokoh pemuda di Kodim 1707/Merauke, Selasa kemarin. Acara dihadiri pula oleh Staf Ahli Menteri Bidang Kependudukan, Sonny Harry Budiutomo Harmadi; Danrem 174/ATW, Brigjen Asep S Gunawan; Dandim 1707/Merauke, Letkol Heri Krisdianto; dan koordinator Ekspedisi NKRI tahun 2017, Kolonel Inf Dwi Anggono. 

Oleh humas2 on September 19, 2017

New York (18/09) – Indonesia menghargai upaya dunia internasional untuk pemulihan kehidupan masyarakat di Kepulauan Karibia dan akan memberikan dukungan yang sesuai untuk meningkatkan kapasitas masyarakat setempat agar dapat melaksanakan proses pemulihan secara cepat dan mandiri.

Oleh humas2 on September 13, 2017

Jakarta (13/09) –  Bertempat di Base Ops Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani pagi ini mendampingi Presiden Joko Widodo melepas Bantuan Pemerintah Republik Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Bantuan tahap pertama yang diangkut 4 Hercules TNI AU ini jumlahnya mencapai 34 ton. Bantuan tersebut merupakan hasil gotong royong dari Kementerian Kesehatan yang menyumbang obat-obatan 1 ton, makanan pendamping ASI 4 Ton dan makanan tambahan ibu hamil 4 ton.

Oleh humas2 on August 11, 2017

Jakarta (11/08) – Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosialdan Dampak Bencana Masmun Yan Manggesa, hari inimenerima audiensi Bupati Kab Banggai, Herwin Yatim, terkait dengan rencana persiapan sinergi pembangunanperdamaian integratif di Kab Banggai.

Di awal, Herwin Yatim memaparkan tentang karakteristikbudaya dan etnik, potensi pertanian, perkebunan, sertapariwisata di Kab Banggai. Kabupaten yang dijulukilumbung beras ini juga kaya akan hasil laut. Pada bulan Maret2017, tercatat Kab Banggai untuk pertamakalinyamengekspor hasil lautnya ke Los Angeles via PelabuhanTangkiang.

Oleh humas2 on August 04, 2017

Jakarta (03/08)-- Pemerintah sangat  serius melakukan langkah-langkah penanganan agar bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sehingga bisa ditekan. Penyebab utama terjadinya kebakaran hutan  dan lahan mayoritas karena memang sengaja dibakar. Kondisi ini dipengaruhi oleh tradisi masyarakat pinggir hutan yang sejak dulu turun temurun membakar hutan saat membuka lahan untuk bertani. 

Oleh humas2 on August 02, 2017

Jakarta (02/08) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, hari ini berikan paparan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2017 untuk hutan, lingkungan dan perubahan iklim berkeadilan. Rakernas ini bertempat di Auditorium DR.Ir.Soedjarwo Gd. Manggala Winabakti, Jakarta. 

Oleh humas2 on July 27, 2017

Jakarta (25/07)--- Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Manggesa, menjadi Narasumber dalam Rapat Koordinasi dan Bimbingan Teknis Keserasian Sosial Tahun 2017 dengan tema “Membangun Masyarakat yang Harmonis Melalui Penguatan Keserasian Sosial” dan dihadiri oleh Dinas Sosial Provinsi seluruh Indonesia di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. 

 

Oleh humas2 on July 20, 2017

Jakarta (20/07)--- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani memimpin rapat koordinasi (rakor) tingkat menteri (RTM) terkait penanganan percepatan pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa bumi di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen, Propinsi Nangro Aceh Darussalam (NAD) yang terjadi pada 7 Desember 2016 lalu. Hadir pada rakor kali ini Menteri Kesehatan Nila F.

Oleh humas2 on June 05, 2017

Jakarta (05/06)-- Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana, Masmun Yan Manggesa, siang ini memimpin rapat koordinasi teknis (rakornis) tingkat Eselon I terkait penanganan radikalisme dan terorisme di ruang rapat lt. 4 gedung Kemenko PMK, Jakarta. Rakornis siang hari ini diselenggarakan dalam rangka koordinasi bidang pembangunan manusia dan kebudayaan untuk program penanganan radikalisme dan terorisme di Indonesia."Akhir-Akhir ini banyak sekali kita temui maraknya kasus radikalisme dan terorisme yang muncul ke permukaan.

Oleh humas2 on May 12, 2017

Jakarta (12/05) – Asisten Deputi (Asdep) Konflik Sosial Kemenko PMK, Ponco Respati Nugroho, siang ini memimpin rapat koordinasi (rakor) pembahasan lanjutan review regulasi Kelompok Kerja Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dalam Konflik Sosial (POKJA P3AKS) di Hotel Treva, Menteng, Jakarta Pusat. 

Oleh humas2 on May 12, 2017

Jakarta (12/05)-- Asisten Deputi Urusan Pengurangan Resiko Bencana Kemenko PMK, Herbin Manihuruk, membuka dan memimpin rakor ekspedisi NKRI 2017 di ruang rapat lt.7, kemenko PMK, Jakarta. 

Menurutnya, diselenggarakannya rakor ini merupakan bentuk dari koordinasi, sinkronisasi, pengendalian (KSP) Kemenko PMK terhadap kegiatan Ekspedisi NKRI 2017 dan  dukungan dari Kementerian/Lembaga (K/L) serta BUMN yang turut serta membantu gelaran tahunan Ekspedisi NKRI ini.

Oleh humas2 on May 08, 2017

Jakarta (8/5) -- Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, dan didampingi oleh Asdep bidang Pengurangan Risiko Bencana Herbin Manihuruk membuka dan memimpin rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Ekspedisi NKRI 2017 di kantor Kemenko PMK, Jakarta. Rakor tesebut bertujuan untuk mematangkan persiapan kegiatan Ekspedisi NKRI.

Oleh humas2 on May 04, 2017

Jakarta (04/05)—Deputi Bidang Koordinatir Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Masmun Yan Manggesa, diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Konflik Sosial, Ponco, R. Nugroho, membuka dan memimpin rakor sinkronisasi program strategis tahun 2018 terkait penanganan konflik sosial, di Hotel Millennium, Jakarta.

Oleh humas2 on April 13, 2017

Jakarta (13/04)—Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Masmun Yan Mangesa, memimpin rapat koordinasi percepatan penanganan pasca bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Bireun di Provinsi Aceh. Rakor yang bertempat  di lantai 3 Kemenko PMK turut dihadiri oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BNPN; Perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara, Kantor Staf Presiden, Kemenkes, Kemensos, Kemendagri, Kementerian PUPR, Kemenkeu, Kementerian PPA, Kementerian Koperasi dan UKM, Kemenag , dan Kemendesa PDTT.

Oleh humas2 on April 06, 2017

Jakarta (06/04) ---Asisten Deputi bidang Pengurangan Risiko Bencana Kemenko PMK, Herbin Manihuruk, memimpin rapat koordinasi (rakor) yang membahas progress dukungan program/kegiatan ekspedisi NKRI 2017 di Millenium Hotel Sirih, Jakarta Pusat. Tujuan dilaksanakannya rakor pada siang hari ini adalah untuk membahas sejauh mana kemajuan dukungan program/kegiatan ekspedisi NKRI 2017 baik dalam hal penetapan lokasi,  jenis kegiatan, waktu pelaksanaan, volume kegiatan, serta jumlah anggaran yang bersumber dari K/L di bawah koordinasi masing-masing kedeputian di lingkup Kemenko PMK.

Pages

Subscribe to RSS - Bencana dan Kerawanan Sosial