Bencana dan Kerawanan Sosial

Oleh humas on November 12, 2018

Jakarta (12/11) – Menko PMK Puan Maharani mengarahkan langkah percepatan pembangunan/ perbaikan rumah pasca bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam Rakor Tingkat Menteri (RTM) Percepatan Penanganan Pemulihan Pasca Bencana Gempa Bumi NTB yang diselenggarakan di Ruang Rapat Utama Kemenko PMK Jakarta, Menko Puan juga mengarahkan percepatan hal lainnya. 

Oleh humas on November 02, 2018

Jakarta (02/11) – Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Sonny Harry B. Harmadi memimpin rapat koordinasi terkait dengan perkembangan dan penanganan Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Rakor diselenggarakan di ruang rapat Lt. 3 Kemenko PMK, Jakarta dan di hadiri oleh para stakeholder terkait.

Oleh humas on October 25, 2018

Jakarta, (24/10)- Pemerintah mentargetkan bulan Desember 2018, fasilitas pendidikan, kesehatan, agama dan penunjang perekonomian akan berfungsi kembali. Sedangkan pembangunan dan perbaikan rumah korban gempa yang sudah dimulai dari bulan September akan selesai pada bulan Maret 2019.

Hal ini diungkapkan Plt. Deputi Bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial, Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi saat meminpin rapat percepatan perbaikan rumah pasca bencana gempa bumi di NTB di ruang rapat Taskin, Kemenko PMK, Rabu (24/10).

Oleh humas on October 24, 2018

Jakarta (24/10) – Pemerintah akan terus meningkatkan pelayanan dasar serta sarana dan prasarana daerah tertinggal. Terkait dengan itu Kemenko PMK menjalankan fungsi Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian (KSP)-nya dengan menggelar Focus Group Disscusion (FGD) menampung usulan rekomendasi kebijakan peningkatan pelayanan dasar serta sarana dan prasarana daerah tertinggal.

Oleh humas on October 17, 2018

Mataram (17/10)--Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  (Menko PMK) Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara (NTB), Rabu (17/10). Dalam kunjungannya kali  ini, Menko Puan juga menggelar Rapat Koordinasi terkait dengan pencairan dana bantuan bagi masyarakat yang rumahnya terkena dampak bencana di kantor Gubernur NTB. 

Sebelum menggelar rakor, Puan mengunjungi lokasi terdampak dan berdialog langsung dengan kelompok masyarakat, fasilitator, dan aplikator di Pengempel, Mataram.

Oleh humas on October 17, 2018

Mataram (17/10)-  Keberadaan Pokmas jadi syarat dalam pencairan dana bantuan pembangunan rumah warga korban bencana gempa bumi di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal ini diungkapkan Menko PMK ,Puan Maharani saat mengunjungi pembangunan rumah tahan gempa di  Lingkungan Pengempel Kota Mataram, Rabu pagi (17/10). Pengempel menjadi salah satu lokasi yang telah siap dilaksanakan pembangunan RISHA ataupun RIKO. Dana bantuan dari pemerintah pun sudah bisa dicairkan.

Oleh humas on October 12, 2018

Jakarta (12/10)--- Penguatan sistem yang baik sekaligus berkelanjutan dengan alur dan pengukuran yang jelas dibutuhkan dalam pelaksanaan pencegahan situasi darurat narkoba seperti sekarang.

Oleh humas on October 12, 2018

Sumbawa Barat (12/10) - Setelah di hari sebelumnya menggelar pertemuan dengan Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi Plt. Deputi Bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Sonny Harry Harmadi dari rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi NTB. Bertempat di Kantor Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, Sonny temui Bupati W. Musyafirin beserta jajaran untuk berdiskusi soal penanganan transisi darurat pasca bencana gempa bumi.

Oleh humas on October 11, 2018

Sumbawa (11/10) - Setelah mengunjungi Lombok, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Sonny Harry Harmadi bertolak ke Sumbawa dan bertemu langsung dengan Bupati Sumbawa Husni Djibril untuk mendengarkan laporan terkini soal progres pembangunan hunian tetap pasca bencana NTB. 

Oleh humas on October 11, 2018

NTB (11/10) - Di hari kedua kunjungan kerjanya di NTB, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Sonny Harry Harmadi, kumpulkan para fasilitator se-Lombok.

Rapat hari ini untuk memastikan apa yg kemarin sudah diputuskan dalam rakor dijalankan di lapangan. Sonny menyampaikan pesan Menko PMK Puan Maharani agar percepatan perbaikan rumah harus benar-benar terlaksana di lapangan, bukan sekedar wacana di ruang rapat.

Oleh humas on October 10, 2018

Lombok (10/10) - Plt. Deputi Bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Sonny Harry Harmadi, pagi ini memimpin rapat  progres pembangunan rumah korban gempa NTB. Gubernur Provinsi NTB Zulkieflimansyah pun turut serta dalam rapat. 

Rapat membahas peran dan masalah yang ditemui oleh masing-masing pihak terkait di lapangan. Panglima Komando Satuan Gugus Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) MG Madsuni menyampaikan permasalahan hasil pencapaian rehab rekon yang dilanjutkan dengan Asops Hengky YS yang melaporkan kemajuan pekerjaan fisik. 

Oleh humas on October 06, 2018

Jakarta (05/10) -- Penggalangan dana untuk korban gempa bumi dan tsunami Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggelar konser musik. Bersama Elek Yo Band, Menko PMK Puan Maharani ikut berpartisipasi dalam konser 100 Biduan dan 100 hits untuk Palu dan Donggala di Lippo Mal Kemang, Jakarta.

Oleh humas on October 05, 2018

Jakarta (05/10) – “Saat ini Pemerintah tengah melakukan upaya penanganan tanggap darurat untuk dampak bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi di wilayah Palu, Donggala dan Sigi. Pada saat bersamaan penanganan rehab rekon pasca gempa di NTB juga perlu menjadi perhatian kita bersama.

Oleh humas on October 05, 2018

Jakarta (05/10) - Dalam rangka persiapan rakor tingkat menteri yang akan diselenggarakan esok, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi, hari ini menyelenggarakan rapat koordinasi teknis tingkat eselon I tentang progres penanganan pasca bencana gempa bumi NTB.

Oleh humas on October 03, 2018

Jakarta (03/10)- Plt. Deputi bidang Koordinasi Dampak Bencana dan Kerawanan Sosial, Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi memimpin rapat Persiapan Rakor tingkat Eselon I dan Rapat Tingkat Menteri tentang Penanganan Pasca Bencana Gempa Bumi NTB, di kantor Kemenko PMK, Rabu sore (03/10).

Oleh humas on October 03, 2018

Palu (03/10)- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani bersama , Mensos Agus Gumiwang, Menristek Dikti M Nasir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mendampingi Presiden Joko Widodo mengunjungi korban bencana di Sulawesi Tengah, Rabu (03/10).

Oleh humas on October 03, 2018

Jakarta (02/10)--- Dana Desa sejatinya digunakan untuk kegiatan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Namun, menyusul terjadinya dua peristiwa bencana alam gempa bumi di Lombok, NTB pada Juli 2018 dan Tsunami di Palu dan Donggala, Sulteng, dana desa telah disepakati untuk dapat dipergunakan juga untuk memenuhi kebutuhan daerah terdampak bencana alam terutama ketika sudah memasuki tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

Oleh humas on October 02, 2018

Jakarta (1/10) - Memasuki hari ketiga penanganan dampak bencana gempa bumi dan Tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani terus ikut mengkoordinasikan upaya penanggulangan dampak bencana.

"Peran Menko PMK dalam koordinasi penanggulangan dampak bencana di Palu dan Donggala fokus pada penanganan pengungsian, dapur umum, ketersediaan bahan pangan, dan pelayanan kesehatan," ujar Menko PMK. 

Oleh humas on September 24, 2018

Jakarta (24/9-- Pemerintah bekerjasama dengan Non Government Organization (NGO) guna membangun kembali Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gempa yang terjadi. Kerjasama pemerintah dan NGO akan meliputi berbagai sektor layanan dasar mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, tempat tinggal dan berbagai hal lainnya. 

Oleh humas on September 21, 2018

Jakarta (21/09)—Indonesia membagikan pengalamannya dalam penanganan TPPO kepada Delegasi  Papua Nugini yang berkunjung ke kentor Kemenko PMK hari ini (Jumat). Papua Nugini sendiri sangat konsen terhadap isu TPPO. 

Oleh humas on September 20, 2018

Lombok (20/9) -- Pemerintah menargetkan pada akhir Desember 2018, fungsi pendidikan, kesehatan, pelayanan dasar dan ekonomi sudah berjalan normal di bumi Nusa Tenggara Barat (NTB). Sementara pada maret 2019 pembangunan perumahan juga dapat tercapai maksimal.

Oleh humas on September 18, 2018

Jakarta (18/9) -- Sebagai tindak lanjut rapat koordinasi rekonsiliasi dokumen Rencana Aksi (Renaksi) rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa bumi kabupaten/kota terdampak Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 12 September 2018 lalu, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggelar rakor Renaksi tingkat nasional di Kantor Kemenko PMK, Jakarta.  Sekretaris Kemenko PMK, Y.B Satya Sananugraha memimpin rakor dan menyampaikan arahan tentang pentingnya akuntabilitas program dan keuangan dalam pelaksanaan rehabilitasi-rekonstruksi.

Oleh humas on September 04, 2018

Bandung (3/9) – Pemerintah menggalang gotong royong pelaksanaan aksi nyata bersama dengan warga Citarum untuk mengurangi pencemaran dan merevitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Hal ini diwujudkan dalam Program Pengurangan Risiko Bencana berbasis masyarakat. 

Oleh humas on August 31, 2018

Jakarta (31/8) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memimpin rapat tingkat menteri (RTM) terkait tindak lanjut Inpres Nomor 5 Tahun 2018 mengenai percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Oleh humas on August 30, 2018

Jakarta (29/8) --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, malam ini meriahkan konser amal untuk korban gempa bumi Nusa Tenggara Barat (NTB) di studio lima Indosiar, Jakarta. Menko PMK yang juga tergabung dalam Elek Yo Band turut menyumbangkan suaranya dalam acara amal ini.

Pages

Subscribe to RSS - Bencana dan Kerawanan Sosial