Oleh humasnew on July 30, 2018

Balikpapan (26/07) ---  Asisten Deputi (Asdep) Urusan Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama, dan Keagamaan, Kemenko PMK, Drs. H. Sahlan, MSI, bersama Ketua PPIH Embarkasi Balikpapan Drs. H. Sofyan Noor, M.Si, Kepala Kemenag Kota Balikpapan H. Hakimin, Perwakilan Dinas Kesehatan, menerima Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Balikpapan yang tergabung dalam KelompokTerbang (Kloter) I memasuki Asrama Haji Embarkasi Balikpapan hari, Kamis (26/07). 

Sekitar pukul 11.00 Wita 455 orang JCH yang terdiridari 182 JCH laki-lakidan 273 JCH perempuan tiba di Aula Penerimaan Jabal Rahmah. Mereka terlihat bersemangat dan siap melakukan perjalanan panjang untuk melaksanakan ibadah haji.

Prosesi penerimaan diawali dengan penyerahan secara simbolik JCH Kloter I oleh Kepala Kemenag Kota Balikpapan kepada Ketua PPIH Embarkasi Balikpapan. Ketua PPIH ucapkan selamat atas kesempatan untuk berhaji dalam keadaan yang baik. Ia berpesan agar selalu sabar dan tidak mengeluh selama menjalankan ibadah. Ia juga mengingatkan jamaah untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang demi kelancaran ibadah.

Usai prosesi penerimaan, JCH melakukan rekam biometrik yang merupakan sistem yang baru diterapkan di seluruh embarkasi haji Indonesia. Dijelaskan oleh Abdul Khaliq selaku Kabid PHU Kanwil Kemenag Kaltim, biometrik ini adalah metode untuk mengenali seseorang berdasarkan ciri fisik, karakter dan perilakunya secara otomatis. Pengenalan karakter dilakukan melalui retina, sidik jari, pola wajah dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah JCH saat mendatangi tanah suci. Setelah melakukan biometrik langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan.Kegiatan ini berlangsung selama 6 jam.

Pada kesempatan itu juga Asisten Deputi (Asdep) Urusan Pembinaan Umat Beragama, Pendidikan Agama, dan Keagamaan, Kemenko PMK, Drs. H. Sahlan, MSI, melakukan wawancara sekaligus menyampaikan beberapa pesan-pesan kepada Jamaah Calon Haji (JCH) terutama tentang bagaimana bersikap atau berprilaku di negeri orang. Selain itu, beliau juga berpesan kepada Jamaah Calon Haji (JCH) untuk menjaga kesehatan selama berada disana.

Sesuai jadwal Kloter I akan diberangkatkan esok hari pukul 11.25 Wita melalui Bandara Sultan AJi Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan. (Dep.IV)

Categories: