Berita dan Artikel

Oleh humas on December 14, 2019

Jakarta (13/12) -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengadakan rapat koordinasi lanjutan (ke-3) penyusunan Rencana Aksi Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (RAN PTPPO) tahun 2020-2024 di Hotel Oria, Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra menjelaskan bahwa tujuan RAN adalah untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam upaya pencegahan TPPO serta penanganan korban dan penindakan terhadap pelak TPPO.

Oleh humas on December 13, 2019

Jakarta (13/12)--- Menjadi Pemikir yang baik dan unggul seperti Tokoh Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif harus diiringi dengan kemampuan menulis dan keterampilan berbicara yang baik juga. Semua itu dapat diasah dengan mulai membiasakan diri lewat banyak membaca aneka macam literatur serta penguasaan bahasa asing. “Butuh jalan panjang untuk dapat menjadi seorang Pemikir seperti Buya (Ahmad Syafii Maarif—red). Saya coba memahami pemikiran Beliau itu dengan membaca tesisnya lalu berhubungan baik.

Oleh humas on December 13, 2019

Jakarta (13/12) – Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Sonny Harry B. Harmadi, hari ini memimpin rapat koordinasi tingkat eselon I membahas pengembangan desa wisata dengan mengundang Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi., Kementerian Pariwisata, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan. 

Oleh humas on December 13, 2019

Jakarta (12/12) – Sehubungan dengan Perpres No. 33 Tahun 2018 tentang  perubahan peraturan Presiden No. 75 tahun 2015 tentang rencana aksi HAM (RAN-HAM) yang mengamanatkan K/L dan pemerintah daerah untuk menjabarkan dan melaksanakan RAN-HAM melalui aksi HAM setiap tahunya. Capaian tersebut wajib dilaporkan setiap triwulan kepada Setber RAN-HAM melalui sistem pemantauan KSP. Sehubungan dengan hal tersebut, Kemenko PMK pagi ini mengadakan rakor tentang pelaporan RAN-HAM B12 K/L tahun 2019 di Jakarta. Rapat dipimpin oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama, Yohan.

Oleh humas on December 13, 2019

Pandeglang (11/12) –Gugus Tugas Revolusi Mental (GTRM) Kemenko PMK melalui tim GT PMK Bersatu memberikan bantuan kepada warga terdampak gelombang tsunami di Kecamatan Sumur, Banten. Bantuan hasil sumbangan pegawai Kemenko PMK ini diserahkan langsung oleh Koordinator GT PMK Bersatu, Herbert Siagian. 

Oleh humas on December 13, 2019

Jakarta (12/12) -- Cara pandang melihat isu disabilitas kini telah bergeser dari pendekatan charity based menjadi menjadi rights based. Hal itu berdasarkan UU No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Karena itu, Kemenko PMK yang tengah menyusun videografis disabilitas seri kedua harus menyesuaikannya. Demikian diskusi penyusunan finalisasi videografis disabilitas seri kedua yang berlangsung kamis sore di ruang rapat lantai 11 Kemenko PMK, Jakarta Pusat.

Oleh humas on December 13, 2019

Jakarta (12/12) -- Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK I Nyoman Shuida menghadiri Pembukaan Rakornas Olahraga Nasional sekaligus pemberian bonus kepada atlet dan pelatih SEA Games 2019 di Hotel Grand Sahid Jakarta, kamis malam. 

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12)--- Kemenko PMK, melalui Kedeputian bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, menggelar Rapat Koordinasi Teknis dalam rangka menindaklanjuti arahan presiden dalam Rapat Terbatas pada 12 November 2019. Rakornis dipimpin langsung oleh Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Agus Sartono dan dihadiri oleh K/L terkait seperti Kemendikbud, Kemenkeu, Kemendagri, Kemenag, Kemenpan RB, dan sebagainya. 

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12) -- Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan pertamanya usai dilantik untuk periode kepemimpinan kedua tahun 2019-2024, menyampaikan bahwa akan ada penyederhanaan Undang-Undang (UU) atau yang kemudian disebut omnibus law.

Omnibus law memayungi 74 perundang-undangan mencakup banyak bidang, di antaranya soal kemudahan berusaha, penciptaan lapangan kerja, perizinan, lingkungan hidup, dan rencana tata ruang. Omnibus Law diharapkan masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Super Prioritas tahun 2020.

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12) – Melihat kualitas pelayanan publik di daerah tertinggal dan kelompok marjinal yang dianggap belum maksimal, Ombudsman melakukan sebuah studi yang dilakukan sejak tahun 2018, yang mana temuannya ditulis menjadi sebuah buku.

Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan Sonny Harry B. Harmadi, Kamis pagi ini hadir menjadi salah satu narasumber dalam peluncuran buku bertajuk ‘Potret Pelayanan Publik di Daerah dan Kelompok Marjinal’ di Wyndham Hotel Jakarta. 

Oleh humas on December 12, 2019

Serpong (11/12) Pada 6 Desember 2016 lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. Tujuan Inpres ini untuk memperbaiki dan membangun karakter bangsa dengan mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur dan sejahtera berdasarkan Pancasila.

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (11/12) – Implementasi Peraturan Presiden 75/2019 atas Perubahan Perpres 82/2018 tentang Jaminan Kesehatan kembali dibahas dan semakin dimantapkan dengan meminta banyak masukan dari kementerian/lembaga terkait.

Pembahasan berlangsung di Ruang Rapat Lantai 11 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Rabu pagi, melalui Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Asisten Deputi Jaminan Sosial Kemenko PMK Togap Simangunsong.

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ghafur Dharmaputra hadir sekaligus memberikan keynote speech dalam acara Summit on Girls 2019 yang diselenggarakan Plan Indonesia di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (10/12).
 

Oleh humas on December 12, 2019

Jakarta (12/12) – Seskemenko PMK, YB. Satya Sananugraha, kamis pagi, mengikuti rapat Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) di Ruangan Auditorium, Kantor Wakil Presiden, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Rapat yang dipimpin langsung oleh  Wakil Presiden Ma'ruf Amin ini juga dihadiri oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

foto : Setwapres 

Oleh humas on December 11, 2019

Indramayu (11/12) – Asisten Deputi Pemberdayaan Perempuan, Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak, Kemenko PMK, Wagiran meninjau perkembangan tata kelola layanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Kabupaten Indramayu.

Oleh humas on December 11, 2019

Jakarta (11/12) --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, pagi ini hadiri sekaligus berikan sambutan pada acara rapat koordinasi kepala dinas pendidikan dan kepala lembaga penjamin mutu pendidikan seluruh Indonesia. Acara ini berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta.

Oleh humas on December 10, 2019

Jakarta (10/12) – Rencana pemerintah melakukan revitalisasi program bimbingan pranikah salah satunya adalah untuk mencegah lahirnya keluarga miskin baru. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah keluarga di Indonesia per-Maret 2019 sebanyak 47.116.000 dengan jumlah keluarga berstatus sangat miskin dan miskin mencapai 9,4% atau sekitar 9.600.000, pun jika ditambah dengan keluarga hampir miskin menjadi 16,82% atau sekitar 14 juta keluarga.
 

Oleh humas on December 10, 2019

Jailolo (05/12), Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi melakukan dialog dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat dalam mengidentifikasi pembinaan yang akan dilakukan terhadap daerah tertinggal pasca dinyatakan entas. Pada kesempatan itu, Markus Saleky selaku Asisten II Pemda Kabupaten Halmahera Barat menyampaikan agar dalam pembinaan ini Kabupaten Halmahera Barat terus didukung untuk mengembangkan potensi daerahnya. Salah satu potensi wisata bahari menjadi unggulan di Jailolo yaitu berada di Kecamatan Loloda.

Oleh humas on December 10, 2019

Ternate (6/12) -- Dalam rangkaian kunjungan ke Provinsi Maluku Utara, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan, Kemenko PMK, Sonny Harry B Harmadi melakukan dialog dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang diwakili oleh Asisten II, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Maluku Utara beserta jajaran. 

Oleh humas on December 09, 2019

Jakarta (10/12) -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menerima audiensi Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letna Jenderal TNI Besar Hartono Karyawan. Pertemuan di laksanakan di Holding ruang rapat lantai 8 Kemenko PMK, Senin pagi (10/12). Dalam pertemuan tersebut dibicarakan berbagai agenda strategis terkait dengan pembangunan manusia.

Oleh humas on December 07, 2019

Jakarta (4/12) – KORPRI memiliki potensi strategis dalam Gerakan Revolusi Mental dan berperan penting dalam pembangunan desa. Agar pemberdayaan masyarakat, desa dan kawasan meningkat dibutuhkan peran aktif anggota KORPRI. 

Oleh humas on December 07, 2019

Surabaya (6/12) -- Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Seskemenko PMK), YB. Satyasana Nugraha memberikan arahan pada kegiatan Rapat Kerja dan Gathering Setkemenko PMK. Kegiatan dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur (5-7/12). Turut hadir, Staf Ahli Menko PMK Bidang Multikulturalisme, Restorasi Sosial dan Jati Diri Bangsa Haswan Yunaz dan Staf Ahli Menko PMK Bidang UMKM dan Ekonomi Kreatif Aris Dharmansyah.

Oleh humas on December 06, 2019

Jakarta (6/12) -- Kemenko PMK jumat ini menggelar rakornis  terkait dengan evaluasi Program Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual terhadap Anak (GN-AKSA) 2019 dan pemantapan Program Kegiatan GN-AKSA 2020. Rapat dipimpin oleh Ghafur Dharmaputra Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK.

Oleh humas on December 06, 2019

Jakarta (06/12)--- Selain aspek penguatan regulasi yang memayungi rencana inklusivitas pemberdayaan disabilitas dan lansia dan dalam rangka mengintegrasikan program kerja dari K/L terkait agar sepakat menjadi isu prioritas pembangunan nasional, berbagai layanan dan akses yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah kepada para penyandang disabilitas dan lansia diakui berhasil menginspirasi Pemerintah Pusat khususnya Kemenko PMK dalam merumuskan kebijakan bagi program pemberdayaan penyandang disabilitas dan lansia di tahun mendatang.

Oleh humas on December 06, 2019

Jakarta (6/12) -- Pemerintah lintas kementerian/lembaga kembali mempersiapkan strategi dan program guna menanggulangi masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih kerap terjadi di Indonesia.

Oleh humas on December 05, 2019

Tangerang (4/12) – Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Mayjen (Purn) Dody Usodo HGS yang juga Ketua Umum Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI), rabu malam, melepas Tim Nasional Men Beach Handball Indonesia untuk SEA Games XXX/2019. Pada kesempatan itu, Dody berpesan agar Tim mampu menjaga nama baik bangsa.

Oleh humas on December 05, 2019

Jakarta (4/12) -- Mewakili Seskemenko PMK, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Kemenko PMK, Yohan memberikan arahan pada rapat koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian (KSP) Rencana Aksi Sinergisitas Antar Kementerian/Lembaga Program Penanggulangan Terorisme tahun 2020 di Wilayah Sulawesi Tengah. Rapat diselenggarakan di Hotel Ibis Style, Jakarta (4/12).

Oleh humas on December 05, 2019

Jakarta (4/12) --- Dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas bimbingan pra nikah kepada calon pengantin (catin) dan remaja, Kedeputian Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, menyelenggarakan rakor peningkatan kuantitas dan kualitas bimbingan pra nikah yang bertempat diruang rapat lt. 14, Kemenko PMK, Jakarta.

Oleh humas on December 05, 2019

Sigi (4/12) – Tim Gugus Tugas Revolusi Mental (GTRM) PMK Bersatu dan Tim Sekretariat GTRM Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) melakukan pemantauan (monitoring) dan evaluasi realisasi penyaluran sumbangan sukarela pegawai Kemenko PMK untuk korban bencana gempa, tsunami, dan likuifasi di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Oleh humas on December 05, 2019

Jakarta (04/12)--- Sesuai dengan tugasnya yaitu melaksanakan penyiapan koordinasi dan sinkronisasi mulai dari perumusan, penetapan, dan pelaksanaan serta pengendalian pelaksanaan kebijakan, pemantauan, analisis, dan pelaporan yang terkait dengan isu di bidang pemberdayaan disabilitas dan lanjut usia, jelang akhir tahun 2019 ini Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia tengah meramu suatu rumusan kebijakan bagi para penyandang disabilitas dan lansia.

Pages

Subscribe to Berita dan Artikel